Thursday, July 29, 2010

Chaos

2 hari yang lalu ada kejadian heboh.

Seorang temen les bahasa gue yang berasal dari Cina merasa ga enak badan dan memang keliatan pucat pasi. Beberapa saat sebelum kelas bubar, tiba2 dia bilang dia merasa sangat tidak enak badan, dan begitu mencoba bangun dari tempat duduk, dia PINGSAN!

Temen2 sekelas gue langsung super heboh, langsung nyari tempat untuk dia tidur. Nah, dari sini muncullah hal2 ajaib.

Pertama, si temen gue (Qiao Ge) ini bahasa Jermannya masih agak berantakan. Temen sekelas kita yang dari Cina juga ga masuk, alhasil dalam keadaan sakit itu dia harus mikir susah payah utk menjelaskan kondisinya dalam bahasa Jerman.

Kemudian, munculah ide temen2 gue untuk mencari anak yang berbahasa Cina juga. Sayangnya, sungguh sayang, mereka ga bisa bedain anak Cina, Korea, dan Jepang! Alhasil semua yang berwajah oriental pun dicegat dan ditanya, "Woher kommst du?" yang artinya "Kamu berasal dari mana?"

Salah satunya temen gue yang dari Jepang juga, namanya Kikue.
"Kikue, woher kommst du?" (Kikue, kamu berasal dari mana?"
"Ah, ich komme aus Japan." (Ah, saya berasal dari Jepang."
"Kannst du mit Qiao Ge sprechen?" (Apa kamu bisa bicara dengan Qiao Ge?)
"Nein, ich verstehe ihre Sprache nicht!" (Tidak, saya tidak mengerti bahasa dia.)
"Ah, du kommst aus Japan." (Ah, kamu dari Jepang.)
"Ja!" (Ya!)
"Ni hao ma?" (Apa kabar? -->tapi bahasa Cina)
"......"

Gue udah ketawa2 aja dalam situasi chaos ini.
Jangan sedih, kekacauan belum berakhir.

Akhirnya datang ambulans, dan si Qiao Ge dibawa ke rumah sakit. Ibunya kerja di kota Freiburg, dan temen gue nanya ke orang sekretariat kursus;
"Haben Sie die Telefonnummer von Qiao Ges Eltern?" (Apa Anda punya nomer telepon orangtua Qiao Ge?)
"Ja, aber sie sprechen Korea, oder? Ich verstehe nicht!" (Ya, tapi dia bicara bahasa Korea kan? Saya tidak mengerti!)
Pak, pak. Dia orang Cina. Haduh.

Begitulah, buat orang di luar Asia, mukanya semua sama aja. Kacau. Tapi gue aja pernah dikira orang Itali kok, diajak ngomong Itali, dikasih katalog Itali...gue sungguh ga mengerti kenapa. Gue cuma ketawa2 dan bilang bahwa gue mau katalog bahasa Jerman atau Inggris.

Semoga ga sering2 deh ada chaos begini. :p

No comments:

Post a Comment