Thursday, July 8, 2010

Visa

Kalo ada yang tanya, ribet ga sih ngurus visa?
Gue, sebagai orang yang sangat ga well-organized dan suka mengacuhkan kata hati kecil, akan bilang RIBET!!!

Tapi coba dirunut dulu kejadian gue sampe mendapatkan visa (yg sebetulnya jenisnya juga ga sesuai...-____-')

Bbrp bulan yang lalu gue mengalami kebingungan krn harus mendapatkan visa Student Applicant di kedutaan Jerman yg letaknya di sebrang Grand Indonesia. Masalahnya adalah, surat undangan untuk audisi di MusikHochschule yang gue minati itu belum tiba juga... undangan audisi? Yupp.

Gini, jurusan musik di Jerman (dan negara Eropa lain, setau gue) itu adalah jurusan yang bergengsi dan cukup sulit dimasuki. Untuk kuliah musik, kita harus ikut yang namanya Aufnahmepruefung alias ujian masuk. Caranya, kirim semua surat yg diperlukan Hochschule itu via pos (pake DHL ke Jerman skitar 350rb utk dokumen), trus tunggu balesannya. Jangan lupa terjemahin dan legalisir surat2 tsb. Terjemahan Jerman paling oke sama Pak Akhmad Robani, liat aja nomernya di kedutaan, legalisir di kedutaan utk 5 set pertama gratis, berikutnya kena agak mahal. Nah ntar si Hochschule akan ngirim undangan Aufnahmepruefung. Gue sih minta dikirimin pake email juga selain pos, biar cepet, walaupun kenyataannya pos dan email nyampenya barengan. Capek deh. :p

Setelah si undangan dateng, bukalah rekening terkunci di Deutsche Bank. Jangan salah, bukan Deutsche Bank Indonesia, tapi yg di Hamburg. Jadi download si formulir pembukaan Student Blocked Account/Student Sperrkonto, isi, minta tanda tangan di kedutaan Jerman (datanglah skitar jam 11 krn si konsuler baru akan tanda tangan sblm kedutaan tutup), trus kirim dokumen2 itu ke Deutsche Bank Hamburg. Dia akan konfirmasi lewat email mengenai pembukaan rekening tsb. Skrg transferlah jumlah yg mau diblok, minimal 7608 Euro tertulisnya, tapi kenyataannya minimal 7800 sih supaya bisa diambil genap 650 Euro per bulan, gituuuu... Ntar akan dikirimin konfirmasi dr Deutsche Bank lagi bahwa udah tersimpan sejumlah sekian, nah surat konfirmasi ini beserta surat2 lainnya dimasukin ke kedutaan deeh...

Apakah yg membuat hidup gue rumit kemaren?

Gue kan mau audisi di Jerman DAN Austria. Kalo dibaca di websitenya, dr Austria gue bisa dapet visa Schengen-D harusnya, jadi bisa masuk Jerman juga, sementara kalo apply di Jerman itu dapetnya Student Applicant (3 bulan), yg bisa diperpanjang begitu keterima. Alhasil stlh ngurus semua di kedutaan Jerman, gue menarik paspor gue dan apply ke kedutaan Austria.

Sebetulnya kedutaan Austria itu ga ribet, dgn si mas2 yg sepertinya bekerja di bawah tekanan, biasanya kalo ada yg kurang dia mau telpon kita dan kasitau. Masalahnya kemaren, krn gue mindahin dokumen, maka waktunya mepet sekali. Hari2 menjelang keberangkatan, ternyata gue masih kekurangan booking tiket pulang dan bukti deposito gue di Jerman. Alhasil dengan kira2 10x bolak balik kedutaan (gue ga melebih2kan, dari proses apply, ngecek krn gue ga mau telpon, gue sempet bolak balik di saat kedutaan Austria tutup, ngambil paspor, balikin paspor, ganti tanggal berangkat, sampe ngambil), gue baru dapet visa gue setelah semua Aufnahmepruefung berakhir!!! Itupun visanya ternyata Schengen-C yg sama aja kyk turis! Tau gitu kan ya skalian aja gue apply visa turis toooohhhhhh?????

Alhasil skrg gue berada di Jerman dgn visa turis Austria (sungguh aneh dan tolol) dan terpaksa harus pulang lagi september nanti dan apply visa baru untuk belajar semester depan. Skrg gue cuma les bahasa aja deeeh....

Sekian dulu soal visa, capek juga menggali emosi lagi...hahaha...

No comments:

Post a Comment