Monday, July 12, 2010

Ternyata?

Fakta2 kecil yg gue temukan (yg tadinya ga gue sangka) di Jerman;

1. orangnya ga jutek2 amat
di Freiburg dan Wuerzburg banyak yang ramah, banyak senyum, walaupun memang orang Asianya biasanya jauh lebih ramah-ramah. Tapi ga susah sih mendapat bantuan kalo nyasar atau bingung akan suatu hal.

2. baju minim itu akibat cuaca
Sungguh, bukan sekedar masalah kultur. EMANG PANAS BANGET kalo musim panas. Dan perlu diingat, tidak seperti Indonesia, mereka ga punya AC. Jarang banget yang punya. Karena sepanjang tahun biasanya dingin, mereka punyanya ya pemanas. Jadi bayangin aja kalo dalam cuaca sepanas Jakarta mereka semua harus jalan kaki atau naik sepeda kemana-mana. Ya tentu saja akhirnya banyak yg pake baju seminim mungkin, bahkan ada yg telanjang dada. Biasanya sih dikit cowok isengnya (perlu diingat cowok iseng selalu ada dimana saja, karena cowok ya gitu).

3. keretanya sering telat juga
Well, enaknya, telatnya bisa diprediksi. Jadi dikasitau, telat 5 menit, 16 menit, gitu2 lah... kalo di Jakarta kan bisa ampe 4,5 tak berkabar. hahaha. Tapi ya tetep aja suka bikin deg2an kalo keretanya harus nyambung2. :p

4. Gerejanya rame juga
Ekspektasi gue kan Gereja-nya sepi, eh pas ikut misa ternyata cukup rame sama umat (bukan turis). Tapi emang itu gereja yang gede sih... :p

5. ga bersih2 amat
Banyak grafitti di kota ini, di banyak tempat ada sampah2 juga, cuma emang pemisahan kotak sampah dan pembuangan sampah dari rumah/restorannya sangat teratur. Lalat sih tetep ada, percaya ga percaya. Enaknya cuma entah kenapa di sini ga ada becek-becekan. Mungkin karena saluran airnya sangat tertata rapi.

Sementara itu dulu fakta2 kecil yg gue perhatikan dari sini.
Pasti akan ada yg menyusul. hehehe. :D

No comments:

Post a Comment