Thursday, July 8, 2010

The Journey Begins

Jadi, kira2 setahun yg lalu, gue memutuskan untuk segera menyelesaikan kesarjanaan gue di bidang bahasa Inggris dan mengejar cita2 gue untuk belajar nyanyi klasik sebenar-benarnya di benua tempat si musik klasik itu tumbuh dan berkembang; Eropa.

Berbekal 11 tahun belajar piano yg sebenernya males2an, kemampuan teori yang ala kadarnya, dan suara yg punya banyak kecacatan, gue pun mempersiapkan diri utk beneran ambil S1 lagi di Jerman. Kenapa Jerman?
1. lebih murah dibanding negara Eropa lainnya
2. guru2 gue kebetulan udah punya pengalaman di sana
3. udah ada kakak gue yg berkarir di Berlin
4. gue yakin bgt para pengajarnya standarnya tinggi sekali

But that's a year ago.

Mengingat duit gue yg sebetulnya ga mahadaya, dan kemampuan gue yg harus banyak diolah, plus ini pertama kalinya gue akan jauh dari rumah all on my own, perjalanan ini sama sekali ga gampang.

Akan tetapi, setiap langkah yang gue jalani ini gue yakini sebagai tiap tanjakan menuju kesuksesan; bukan secara materi, tapi secara ilmu dan kemanusiaan. Money goes without saying, I'd say.

Nah, gue ingin berbagi dalam blog ini, mengenai tiap langkah perjuangan gue, bukan cuma utk berbagi pengalaman tapi juga tips2 dan kerepotan yang alangkah baiknya bisa dihindari teman2 yg berminat belajar di Eropa juga, khususnya sih yang di Jerman. Gue sih masih berada di langkah awal, tapi smoga bisa membantu.

Enjoy! :)

No comments:

Post a Comment