Thursday, August 26, 2010

Amsterdam!



Ooh...the chaotic city! X-D

Mendadak langsung kangen Indonesia sekaligus terobati kangennya, krn Amsterdam itu mirip banget sama Jakarta. Eh, mgkn emang Jakarta mirip Amsterdam, maklum bekas jajahan. hahaha.

Pertama, Amsterdam itu CHAOTIC banget, rusuh, gue curiga isinya 80% turis. Sepeda2 yang ga tau aturan, orang2 teriak2 di jalanan...
Kedua, sungainya kadang2 kotor juga, banyak yang buang sampah sembarangan...
Ketiga, berisik! Kotanya ga pernah mati...
Keempat, pertokoannya emang persis kayak pasar baru (well, pasar baru itu pasti diadaptasi dari jalanan pertokoan Eropa, cuma bedanya di pasar baru toko2 kain, kalo di sini isinya segala jenis toko dan restoran, dari yg murahan sampe yang elit).

Awalnya gue udah deg2an, nunggu kereta malem yg sepi banget...
suasana stasiun tengah malam
begitu masuk kereta, gue langsung curiga. Ini bener2 kyk hostel berjalan, penuh orang aneh2, backpackers kumel gitu. Belum lagi tempat gue didudukin perempuan ga tau diri. Trus berisiiiiikk...banget, bahkan sampe stlh lampu dimatiin (yg tandanya waktu tidur). Biarpun bangku sblh gue akhirnya ga ada orang, tetep aja gue bolak-balik cari posisi tidur nyaman. Akhirnya ga nyaman juga. hahaha...

Begitu sampe, gue pergi ke hotel yg dibooking kakak gue, dan biarpun gue mencak2 liat harganya (sementara kamar gue di loteng, kecil banget), tapi gue seneng bgt karena (1)gue bebas berbahasa Inggris (2)ada TV!!! yaaaayy!!!

Stlh nonton konser kakak gue yg luar biasa keren, kita makan di restoran yg sangat terdidik (yg gue yakin mahalnya lebay, untung ditraktir), dan besoknya kita pun jalan2 naik kapal. Amsterdam itu jauh lebih bagus diliat dari sungainya, believe me.



Di Belanda, bangunannya biasanya berwarna merah krn dibangun dgn bata merah, itu yg bikin khas. Biasanya rumahnya juga bentuknya memanjang, krn dulu dipake buat gudang.
Ga lupa gue sekedar lewat Red District, walaupun ga berani foto. Isinya banyak cafe yg gosipnya jual kue2 berganja, dan rumah2 kecil yang pintu dan jendelanya kaca dari atas sampe bawah, dan di dalemnya ada perempuan2 dgn pakaian dalam aja. Ada yg masih muda dan seksi, banyak jg yang badannya sebetulnya udah ga keruan...agak serem juga. hahaha...

Anyway, ada BUANYAAAAKKK...banget restoran Indonesia dan Chinese food (ada china town juga sih), tapi gosipnya yg enak kalo Indo cuma 2, sayangnya gue lupa namanya. Jangan makan gado2 atau sayur2an di resto Indo, mending makan sate atau daging2an, lebih wajar rasanya. hehehe. Kalo chinese food, gue sempet makan 2x di tempat yg enak, 1 yg agak gede di chinatown (tp bukan yg bentuknya kyk kuil, katanya itu malah ga enak), satu lagi gue inget namanya Nam Kee (ada bakso sapi serius, enak banget, dan ga ada di menu).

Besoknya, kakak gue dapet undangan makan pagi di apartemen salah satu temen baik musisi no.1 di Belanda, dan gue diperbolehkan ikut. Apartemennya tepat di sebelah pelabuhan, deket stasiun, dan gue pun ngeliat kapal2 yg ikut festival pelayaran (5 tahun sekali, gue beruntung bisa liat, dia cuma berlangsung 3 hari). Dan salah satunya; KAPAL INDONESIA. Terkenal loh!
kapal DEWARUCI, ada bendera merah putihnya

Bangga juga liat Indonesia berpartisipasi, dan kapalnya termasuk salah satu yg besar dan mengundang perhatian loh. :)

Ok, akhirnya gue pun bertingkah seperti turis tipikal Indonesia, gue BELANJA! Pas ditemenin sama temen gue jg yg tinggal di Belanda. Abis gue gemes liat ikat pinggang Replay yang kalo di Indo lebay banget harganya, di sini lagi sale 70% (percaya deh, harganya ga sampe ratusan ribu), dan Birkenstock yang kalo di sini harganya SEPEREMPAT harga di Jakarta. Udah. Untungnya selama 2 bulan ini gue emang cuma pernah beli sepatu seharga 10 Euro sblmnya, sisanya cuma belanja makanan atau makan lebay di restoran. hehehe.

Trus pulang deh ke Jerman...naek kereta malemnya aja terdidik banget, jam 12 semua udah pada tidur, banyak orangtua juga, teratur, ga ada yang bau...

Enak sih...
Tapi dasar Jerman...
Sepi..................

*agak nyesel cuma 3 hari di Belanda dan cuma di Amsterdam*

2 comments: